Rabu, 18 November 2015

ANGGARAN PENJUALAN



PERTEMUAN III

A.       PENGERTIAN ANGGARAN PENJUALAN
Dimaksudkan dengan Budget penjual (Sales Budget) ialah Budget yang merencanakan secara lebih terperinci tentang penjualan perusahan selama periode yang akan datang, yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis (kualitas) barang yang akan dijual, jumlah (kuantitas) barang yang akan dijual, harga barang yang akan dijual, waktu penjualan serta tempat (daerah) penjualannya.
Dari pengetian tersebut, jelaslah bahwa budget penjualan hanyalah merupakan salah satu bagian saja dari seluruh rencana perusahaan di bidang pemasaran (sales planning). Beberapa rencana perusahaan di bidang pemasaran yang lain misalnya:
·      Rencana tentang sasaran atau tujuan pemasaran selama periode yang akan datang, seperti misalnya mencapai laba maksimal, penetrasi pasar ( market penetration ), pengembangan pasar (market develovment), mempertahankan market share, memperkenalkan produk baru, dan sebagainya.
·      Rencana tentang organisasi penjualan yang akan dipergunakan selama periode yang akan datang.
·      Rencana tentang saluran disrtibusi yang akan dipergunakan selama periode yang akan datang.
·      Rencana tentang biaya distribusi selama periode yang akan datang.
·      Rencana tentang media-media promosi yang akan dipergunakan selama periode yang akan datang.
·      Rencana tentang biaya promosi selama periode yang akan datang.
·      Rencana tentang pengembangan produk selama periode yang akan datang, dan sebagainya.
B.        KEGUNAAN ANGGARAN PENJUALAN
Secara umum, semua budget termasuk budget penjualan mempunyai tiga kegunaan pokok yaitu sebagai pedoman kerja, sebagai alat pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan kerja yang menbantu menajeman dalan memimpin jalannya perusahaan. Sedangkan secara khusus, budget penjualan berguna sebagai dasar penyusunan semua budget-budget dalam perusahaan, sebab bagi perusahaan yang menghadapi pasar bersaing, budget penjualan harus disusun paling awal daripada semua budget yang lain yang ada dalam perusahaan.
C.        FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN
1.    Faktor Intern
Yang termasuk dalam faktor intern adalah data, informasi, dan pengalaman yang terdapat didalam perusahaan sendiri. Faktor- faktor tersebut antara lain berupa:
·      Penjualan tahun-tahun yang lalu meliputi baik kualitas, kuantitas, harga, waktu maupun tempat penjualannya.
·      Kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah penjualan, seperti tentang pemilihan saluran distribusi, pemilihan media-media promosi, cara penetapan harga jual dan sebagainya.
·      Kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan serta kemungkinan perluasannya diwaktu yang akan datang.
·      Tenaga kerja yang tersedia, baik jumlahnya maupun keterampilan dan keahliannya, serta kemungkinan pengembangannya diwaktu yang akan datang.
·      Fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki perusahaan, serta kemungkinan perluasannya diwaktu yang akan datang.
2.      Faktor Ekstern
Yang termasuk dalam faktor ekstern adalah data, informasi, dan pengalaman yang terdapat di luar perusahaan, tetapi di sana mempunyai pengaruh terhadap budget penjualan perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain berupa:
·      Keadaan persaingan dipasar.
·      Posisi perusahaan dalam persaingan.
·      Tingkat pertumbuhan penduduk.
·      Tingkat penghasilan masyarakat.
·      Elastisitas permintaan terhadap harga barang yang dihasilkan perusahaan, yang terutama akan mempengaruhi dalam merencanakan harga jual dalam budget penjualan yang akan disusun.
·      Agama, adat- istiadat, dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat.
·      Berbagai kebijakan pemerintah baik dibidang politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun keamanan.
·      Keadaan perekonomian nasional maupun internasional.
·      Kemajuan teknologi, barang-barang substitusi, selera konsumen dan kemungkinan perubahannya, dan sebagainya.

D.       BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN
a.         Rincian jumlah dan jenis produk perusahaan.
Anggaran penjualan hendaknya menyebutkan dengan jelas jenis produk yang akan dijual serta jumlah unit dari masing-masing produk tersebut. Walaupun nantinya seluruh penjualan akan dijumlahkan, namun untuk keperluan pengawasan perlu masing-masing jenis peroduk yang dijual tersebut diketahui jumlahnya.
b.        Rincian daerah pemasaran.
Dewasa ini merupakan hal yang umum apabila suatu perusahaan mempunyai daerah pemasaran yang cukup luas. Bagi perusahaan-perusahaan seperti ini di dalam penyusunan anggaran penjualannya perlu untuk memperlihatkan kemana saja produk perusahaan tersebut akan dijual. Hal ini sangat membantu para pelaksana penjualan serta memudahkan pengawasan penjualan. Pada umumnya daerah pemasaran yang luas ini akan dibagi menjadi beberapa daerah pemasaran dengan dasar-dasar tertentu yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Dasar yang paling umum digunakan adalah letak geografis dan tidak jarang pula yang mempergunakan pembagian atas dasar kota tujuan atau kelompok kota tujuan pemasaran.
c.         Diskriminasi harga
Didalam penentuan harga jual produk, terdapat beberapa perusahaan yang menetapkan harga yang sama bagi penjualan produknya untuk seluruh daerah pemasaran yang ada. Namun demikian tidak disangkal pula bahwa terdapat beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan diskriminasi harga untuk daerah yang berbeda.Untuk perusahaan-perusahaan semacam ini harga yang dapat ditentukan untuk masing-masing daerah pemasaran tersebut harus jelas sehingga dapat diketahui dan diawasi pelakksanaannya dengan mudah. Jika harga untuk masing-masing daerah pemasaran ini tidak dijelaskan maka penjualan produk perusahaan tersebut akan mengalami beberapa kesulitan didalam pemantauannya, karena terdapat beberapa harga yang berbeda antara satu daerah dengan daerah pemasaran yang lainnya.
d.        Potongan harga
Didalam pelaksanaan penjualan produk perusahaan sangat sering dijumpai adanya potongan harga.Bagi pembeli atau distributor yang membeli dalam jumlah tertentu, atau pembayarannya dengan jangka waktu tertentu seringkali mendapatkan perlakuan harga yang berbeda. Untuk memudahkan pengawasan penjualan produk perusahaan ini, maka didalam anggaran yang disusun seharusnya disebutkan seberapa banyak potongan yang akan diberikan oleh perusahaan sehubungan dengan pembelian dengan persyaratan-persyaratan khusus tersebut. Pengawasan pemberian potongan pembelian ini akan lebih mudah apabila perusahaan telah mempersiapkan didalam anggaran yang ddisusun tersebut. Bagi perusahaan-perusahaan dimana potongan pembelian ini merupakan hal yang rutin, misalnya dihubungkan dengan waktu pembayaran, maka lebih baik bila anggaran penjualan yang disusun tersebut dilengkapi dengan anggaran potongan pembelian.Pelaksanaan penyusunan anggaran ini dapat disusun sendiri atau berdiri sendiri, namun tidak jarang pula yang langsung digabungkan dengan anggaran penjualan yang ada.

Pada umumnya anggaran penjualan ini disusun untuk satu periode atau satu tahun.Namun untuk keperluan perencanaan, koordinasi dan pengawasan dalam perusahaan tersebut selayaknya anggaran penjualan yang disusun ini juga dilengkapi dengan rincian penjualan bulanan.Bahkan beberapa perusahaan yang mendasarkan penyusunan anggaran penjualan dari pada pengecer, agen dan distributor, tidak jarang disusun perencanaan penjualan produk perusahaan perbulan dahulu baru kemudian dijadikan perencanaan tahunan dengan jalan menjumlahkan seluruh penjualan bulanan yang ada. Namun bagi perusahaan yang menyusun peramalan penjualan tahunan, pada umumnya pemecahan perencanaan penjualan bulanan ini akan dilaksanakan atas dasar pola penjualan bulanan yang telah ada dari beberapa periode yang telah lalu. Atas dasar pola ini ditentukan berapa besarnya jumlah penjualan perbulan pada periode yang bersangkutan.

Dengan mempertimbangkan kepada beberapa hal tersebut diatas, maka anggaran penjualan produk perusahaan dapat disusun.Semakin jelas anggaran penjualan dalam perusahaan tersebut disajikan, semakin mudah pula manajemen perusahaan yang bersangkutan melaksanakan koordinasi dan pengawasan kegiatan penjualan perusahaan ini.
E.        TUJUAN DAN FUNGSI ANGGARAN PENJUALAN
Tujuan utama dari anggaran penjualan adalah:
·       Mengurangi ketidakpastian dimasa depan.
·       Memasukkan pertimbangan /keputusan manajemen dalam proses perencanaan.
·       Memberikan informasi dalam profit planing control.
·       Untuk mempermudah pengendalian penjualan.
Fungsi dari anggaran penjualan dalam suatu perusahaan dapat disimpulkan sebagai berikut:
·       Anggaran penjualan adalah dasar perencanaan atas kegiatan perusahaan pada umumnya.
·       Anggaran penjualan sebagai alat koordinasi dan mengarahkan setiap pelaksanaan divisi pemasaran.
·       Anggaran penjualan sebagai alat pengorganisasian.
·       Anggaran penjualan sebagai alat pengawasan bagi manajemen.

Contoh Penyusunan Anggaran Perusahaan
Contoh 1.
PT. Makassar Indah memproduksi 3 jenis produk yaitu Imco, Inside dan Penta. Data penjualan dalam unit untuk ketiga produk tersebut adalah sbb:

Tahun
Produk
Imco
Inside
Penta
2005
        4.500
        8.000
        3.500
2006
        6.000
        6.000
        4.000
2007
        5.000
        5.000
        4.500
2008
        4.500
        7.500
        6.000
2009
        5.500
        8.000
        6.500
2010
        6.000
        6.500
        5.000
Harga jual/ unit untuk tahun2011 adalah sebagai berikut: Imco Rp.2.250,00; Inside Rp.3.000,00 dan Penta Rp. 5.200,00.
Diminta:
a.        Membuat ramalan tingkat penjualan tahun 2011 dalam unit untuk produk Imco memakai Least Square, produk Inside menggunakan Semi Average dan Penta dengan Trend Moment
b.        Menyusun anggaran penjualan tahun 2011 secara lengkap per triwulan

Penyelesaian :
1.        Forecasting (Peramalan) Penjualan
a)        Produk Imco (Least Square)

Tahun
Penjualan
X
X.Y
X2
2005
4.500
-5
(22.500)
25
2006
6.000
-3
(18.000)
9
2007
5.000
-1
(5.000)
1
2008
4.500
1
4.500
1
2009
5.500
3
16.500
9
2010
6.000
5
30.000
25
Total
31.500
-
5.500
70

a          = 31.500 / 6 = 5.250
b          = 5.500 / 70 = 78, 57
Y 2011 = 5.250 + 78,57 (7)
            = 5.800 Unit



b)        Produk Inside (Semi Average)
Tahun
Penjualan
X
2005
            8.000
-1
2006
            6.000
0
2007
            5.000
1
2008
            7.500
2
2009
            8.000
3
2010
            6.500
4

a            =   (8.000 + 6.000 + 5.000) / 3                                 =   6.333, 33
b            =   [(7.500 + 8.000 + 6.500) / 3 ) – 6.333,33] / 3     =   333,33
Y 2011   =   6.333,33 + 333, 33 (5)
              =   8.000 Unit

c)         Produk Penta (Metode Moment)
Tahun
Penjualan
X
X.Y
X2
2005
            3.500
0
                 -
                 -
2006
            4.000
1
        4.000
                1
2007
            4.500
2
        9.000
                4
2008
            6.000
3
     18.000
                9
2009
            6.500
4
     26.000
              16
2010
            5.000
5
     25.000
              25
Total
          29.500
              15
     82.000
              55

= 29.500     = 6a + 15b (X2)         =    73.750     =   15a + 37,5b
= 82.000     = 15a + 55 b (X1)      =   (82.000    =   15a +   55 b)
- 8.250     =          - 17,5 b
b               =   471, 43
a               =   3.738,09
Y2011         =   3.738,09 + 471, 43 (6)
                   =   6.568 Unit

2.        Anggaran Penjualan tahun 2011
Tri
Wulan
IMCO
INSIDE
PENTA
Total
Q (unit)
Price
Jumlah
Q (Unit)
Price
Jumlah
Q (Unit)
Price
Jumlah
I
1.450
2.250
3.262.500
2.000
3.000
6.000.000
1.642
5.200
8.538.400
17.800.900
II
1.450
2.250
3.262.500
2.000
3.000
6.000.000
1.642
5.200
8.538.400
17.800.900
III
1.450
2.250
3.262.500
2.000
3.000
6.000.000
1.642
5.200
8.538.400
17.800.900
IV
1.450
2.250
3.262.500
2.000
3.000
6.000.000
1.642
5.200
8.538.400
17.800.900
Total
5.800
9.000
13.050.000
8.000
12.000
24.000.000
6.568
20.800
34.153.600
71.203.600

Contoh 2
PT. Gardan adalah sebuah perusahaan produsen pakaian merk “Triple S” yang berkedudukan di Jakarta. Setiap wilayah pemasaran dipimpin seorang manajer cabang. Perusahaan ini memproduksi kemeja anak laki dan wanita, pakaian dewasa pria, celana panjang pria dan wanita. Untuk tahun 2010, perusahaan ini merencanakan menjual :
v  Pakaian anak sebanyak  10.000 stel pakaian, dimana sebanyak 60% merupakan pakaian anak lelaki dan sisanya pakaian anak perempuan dengan harga masing-masing sebesar Rp 30.000 dan Rp 40.000. per stel.
v  Kemeja pria dewasa sebanyak  15.000 stel pakaian seharga Rp 60.000 per stel.
v  Celana panjang sebanyak  20.000 stel, dimana sebanyak  70% merupakan celana panjang pria dan sisanya celana panjang wanita, dengan harga masing-masing sebesar Rp 75.000  dan  Rp 85.000  per stel-nya.
Data Tambahan :
v  Dari target penjualan tersebut, diharapkan sebanyak  30% dapat dijual di wilayah DKI, sebanyak 10% di wilayah Jawa Barat, sebanyak 20% di wilayah Jawa Tengah, sebanyak 25% di Jawa Timur dan sisanya di propinsi Bali.
v  Dari total volume penjualan yang direncanakan untuk tahun 2010 tersebut, dialokasikan masing-masing sebanyak 15% untuk bulan Oktober dan Desember, masing-masing sebanyak 10% untuk bulan Januari, Februari, September dan November, dan masing-masing sebanyak  5% untuk bulan-bulan sisanya.  Pengalokasian volume penjualan tersebut didasarkan pada data historis penjualan tahun-tahun sebelumnya.
v  Perusahaan memiliki 9 orang salesman, dan target penjualan mereka adalah :
Nama  Sales
Wilayah
Target Penjualan
Ali
DKI Jakarta
60%
Benny
DKI Jakarta
40%
Cepot
Jawa Barat
70%
Dedi
Jawa Barat
30%
Emon
Jawa Tengah
50%
Ferry
Jawa Tengah
50%
Gunawan
Jawa Timur
60%
Harry
Jawa Timur
40%
Iwan
Bali
100%

Diminta :
1.    Hitunglah Anggaran penjualan Tahun 2010
2.    Hitunglah Anggaran Bulanan Untuk Tahun 2010
3.    Hitunglah anggaran Triwulanan untuk tahun 2010
4.    Hitunglah Penjualan Per wilayah pemasaran untuk tahun 2010
5.    Hitunglah Anggaran Penjualan Per Sales

Penyelesaian :
1.        ANGGARAN PENJUALAN TAHUN 2010
Jenis  Produk
Volume
Harga
Nilai
Pakaian  Anak  Laki-laki        (PAL)
             6.000
           30.000
           180.000.000
Pakaian  Anak  Perempuan  (PAP)
             4.000
           40.000
           160.000.000
Kemeja  Pria                            (KP)
           15.000
           60.000
           900.000.000
Celana  Panjang  Pria           (CPP)
           14.000
           75.000
       1.050.000.000
Celana  Panjang  Wanita      (CPW)
             6.000
           85.000
           510.000.000
Total 
 Rp 2.800.000.000

2.        ANGGARAN BULANAN UNTUK TAHUN 2010
Bulan
P   r   o   d   u   k
PAL
PAP
KP
CPP
CPW
Januari
      600
     400
   1.500
    1.400
    600
Februari
      600
     400
   1.500
    1.400
    600
Maret
      300
     200
      750
       700
    300
April
      300
     200
      750
       700
    300
Mei
      300
     200
      750
       700
    300
Juni
      300
     200
      750
       700
    300
Juli
      300
     200
      750
       700
    300
Agustus
      300
     200
      750
       700
    300
September
      600
     400
   1.500
    1.400
    600
Oktober
      900
     600
   2.250
    2.100
    900
Nopember
      600
     400
   1.500
    1.400
    600
Desember
      900
     600
   2.250
    2.100
    900
T o t a l
   6.000
  4.000
 15.000
  14.000
 6.000

3.         ANGGARAN TRIWULANAN UNTUK TAHUN 2010
Triwulan
P   r   o   d   u   k
PAL
PAP
KP
CPP
CPW
1
1.500
    1.000
       3.750
       3.500
      1.500
2
900
      600
       2.250
       2.100
        900
3
      1.200
      800
       3.000
       2.800
      1.200
4
      2.400
    1.600
       6.000
       5.600
      2.400
T o t a l
      6.000
    4.000
     15.000



4.        Penjualan Per wilayah pemasaran untuk tahun 2010

Jenis Produk
Volume  Penjualan  Per  Wilayah
Volume
Harga
Nilai
DKI
JaBar
JaTeng
JaTim
Bali
Total
Per Unit
Penjualan
PAL
1.800
600
1.200
1.500
900
6.000
30.000
180.000.000
PAP
1.200
400
800
1.000
600
4.000
40.000
160.000.000
KP
4.500
1.500
3.000
3.750
2.250
15.000
60.000
900.000.000
CPP
4.200
1.400
2.800
3.500
2.100
14.000
75.000
1.050.000.000
CPW
1.800
600
1.200
1.500
900
6.000
85.000
510.000.000
Total
 Rp2.800.000.000

5.        Hitunglah Anggaran Penjualan Per Sales
Nama Wiraniaga
Volume  Penjualan  Per  Jenis  Produk
PAL
PAP
KP
CPP
CPW
Ali
         1.080
        720
     2.700
     2.520
      1.080
Benny
           720
        480
     1.800
     1.680
         720
Cepot
           420
        280
     1.050
        980
         420
Deddy
           180
        120
        450
        420
         180
Emon
           600
        400
     1.500
     1.400
         600
Ferry
           600
        400
     1.500
     1.400
         600
Gugun
           900
        650
     2.250
     2.100
         900
Harry
           600
        400
     1.500
     1.400
         600
Iwan
           900
        600
     2.250
     2.100
         900
Total
         6.000
     4.000
    15.000
    14.000
      6.000
Soal Latihan
PT. ABC Perusahaan yang bergerak dalam bidang tembikar, memiliki produk unggulan berupa keramik lantai kelas 1. Keramik yang dijual terbagi menjadi 3 jenis yaitu :
v  Galaxy (harga Rp. 70.000/ dos)
v  Omnia (harga Rp. 55.000/ dos)
v  Wave (harga Rp. 50.000/ dos)
Perusahaan menjual produknya ke 5 kota besar di Indonesia, Pekalongan, Batang  Pemalang, Tegal, Kendal dengan prosentase Pekalongan 30%, Batang 25%, dan Pemalang 20%, Tegal 15% dan Kendal 10%.

Periode yang akan digunakan adalah triwulan dengan ketentuan pembagian penjualan sebagai berikut :
v  Triwulan I    20%
v  Triwulan II   25%
v  Triwulan III  30%
v  Triwulan IV  25%

Jika perusahaan memiliki data penjualan selama 5 tahun terakhir sbb :

No
Thn
Galaxy
Omnia
Wave
1
2007
    43.000
    57.000
   27.800
2
2008
    49.500
    56.900
   28.500
3
2009
    51.200
    57.700
   30.200
4
2010
    55.300
    59.000
   33.700
5
2011
    59.300
    62.500
   35.500

Diminta :
1.    Ramalan penjualan untuk tahun 2015 (gunakan metode moment)
2.    Anggaran penjualan untuk tahun 2015 berdasarkan periode waktu, daerah pemasaran, dan jenis produk.

5 komentar:

  1. Bagaimana kalau data hanya untuk satu tahun tetapi untuk mencari data 1 tahun setiap triwulan

    BalasHapus
  2. boleh nanya ga,ini cara ngitungnya gimana deh... yg anggaran penjualan yg ada imco

    BalasHapus
  3. Terima kasih ilmunya sangat membantu

    BalasHapus