Rabu, 18 November 2015

"FORECASTING PENJUALAN"


1. Pengertian Forecasting
Forecasting adalah menentukan ramalan mengenai sesuatu di masa yang akan datang. Sesuatu yang akan datang perlu diramalkan atau diperkirakan karena waktu yang akan datang penuh dengan resiko ketidakpastian.

Forecasting adalah adalah suatu cara untuk mengukur atau menaksir kondisi bisnis dimasa mendatang, dimana pengukuran dapat dilakukan secara kuantitatif (menggunakan metode matematik dan statistik) dan kualitatif (menggunakan judgment/pendapat).

Realisasi sesuatu hampir tidak pernah sama dengan apa yang diperkirakan, tetapi memperkirakan sesuatu harus dilakukan demi perencanaan yang lebih luas

2.       Manfaat suatu peramalan bagi perusahaan

v  Menambah kemampuan perusahaan untuk mengadakan pengawasan informasi kegiatan-kegiatan tertentu atau memperbaiki proses pemberian laporan.
v  Memungkinkan timbulnya team work diantara pimpinan.
v  Memungkinkan di buatnya jadwal – jadwal pembelian, produksi, budget penjualan dan budget alokasi pengeluaran sehingga di peroleh pedoman dasar bekerja yang relatif lebih tepat.

3.       Pengertian Forecasting Penjualan
v  Forecast penjualan merupakan perkiraan penjualan pada suatu waktu yang akan datang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data-data yang pernah terjadi dan/atau mungkin akan terjadi.
v  Forecast penjualan Adalah teknik proyeksi tentang permintaan konsumen potensial pada suatu periode tertentu dengan menggunakan berbagai asumsi tertentu pula.

4.       Faktor-faktor yang memengaruhi pembuatan forecast penjualan
Ada lima faktor yang mempengaruhi suatu forecast atau peramalan penjualan yaitu :
a)         SIFAT PRODUK.
Pada faktor ini lebih mengedepankan pada sifat produk yang di hasilkan oleh perusahaan, apakah produk ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang atau dalam jangka waktu pendek.
b)        METODE DISTRIBUSI.
Pada faktor ini lebih menitik beratkan pada metode distribusi yang dipakai oleh perusahaan, dimana letak perusahaan apakah dekat dengan pasar atau dekat dengan bahan baku.
c)         BESARNYA PERUSAHAAN DIBANDING PESAING.
Pada faktor ini lebih melihat pada posisi suatu perusahaan pada pasar, apakah perusahaan sebagai market leader, market chalangger, market follower, atau market niecher.
d)        TINGKAT PERSAINGAN.
Setelah mengetahui posisi perusahaan bagaimanakah tingkat persaingan dengan perusahaan pesaing.
e)        DATA HISTORIS.
Data historis yang diperlukan disini minimal berjumlah lima tahun terakhir dari perusahaan.

5.       Teknik Forecast Penjualan

A.   Forecast berdasarkan pendapat (judgemental method).

v Pendapat Salesman
Para salesman diminta untuk mengukur apakah ada kemajuan atau kemunduran segala hal yang berhubungan dengan tingkat penjualan pada daerah mereka masing-masing. Kemudian mereka diminta pula untuk mengestimasi tentang tingkat penjualan di daerah masing-masing di waktu mendatang.
Perkiraan para salesman itu perlu diawasi karena mungkin ada unsur kesengajaan untuk membuat perkiraan yang lebih rendah (under estimate), dengan harapan apabila ia menjual di atas perkiraannya ia akan mendapatkan hadiah.

v Pendapat Sales Manager
Perkiraan yang dikemukakan oleh para salesman perlu diperbandingkan dengan perkiraan yang dibuat oleh kepala bagian penjualan. Seorang kepala bagian penjualan tentu mempunyai pertimbangan dan pandangan yang lebih luas meliputi seluruh daerah penjualan. Pada umumnya perkiraan kepala bagian penjualan dapat lebih obyektif karena mempertimbangkan banyak faktor. Hal ini mungkin juga disebabkan pendidikannya yang relatif lebih tinggi (mungkin) dan pengalamannya yang lebih luas di bidang penjualan.

v Pendapat Para ahli
Kadang-kadang perkiraan yang dibuat oleh salesman dan kepala bagian penjualan sangat bertentangan satu sama lain, sehingga perusahaan menganggap perlu untuk meminta pertimbangan kepada orang yang dianggap ahli. Mereka ini disebut konsultan. 

v Survei Konsumen
Apabila ketiga pendapat di atas masih dirasa kurang dapat dipertanggungjawabkan, maka biasanya lalu diadakan penelitian langsung terhadap konsumen.

B.    Forecast berdasarkan perhitungan statistik (statistical method):

1.         Analisis trend

Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan pada masa yang akan datang. Untuk melakukan peramalan dengan baik maka dibutuhkan berbagai macam informasi (data) yang cukup banyak dan diamati dalam periode waktu yang relatif cukup panjang, sehingga dari hasil analisis tersebut dapat diketahui sampai berapa besar fluktuasi yang terjadi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap perubahan tersebut
Trend merupakan gerakan jangka panjang yang dimiliki kecenderungan menuju pada satu arah, yaitu arah naik dan turun. (Atmajaya, 2009)

 Trend adalah suatu gerakan kecenderungan naik atau turun dalam jangka panjang yang diperoleh dari rata-rata perubahan dari waktu ke waktu dan nilainya cukup rata atau mulus (smooth). (Purwanto S.K., 2011)

a.         Garis Trend Bebas
Pada umumnya metode trend bebas cenderung digunakan sebagai analisis pendahuluan yang akan memberikan gambaran awal dari suatu permasalahan yang akan dihadapi. Metode trend bebas mencoba melihat pola data amatan melalui tebaran titik dari pasang data penjualan pada setiap waktunya. Berdasarkan tebaran data yang terbentuk dapat diperkirakan trend penjualan dari data tersebut.
Contoh Kasus:  PT. Maju memiliki data penjualan tahunan sebagai berikut :
Tahun 
 Penjualan (Unit)
 Harga
2010
                       8.500
        2.500
2011
                       9.000
        2.500
2012
                       9.500
        2.500
2013
                    10.000
        2.500

Dari tabel tersebut bila manajer menginginkan adanya kenaikan penjualan sebesar 500 unit untuk tahun 2014. Dari tahun sebelumnya dengan harga yang sama. Data tabel penjualan setelah adanya kenaikan sebesar 500 Unit
Tahun 
 Penjualan (Unit)
 Harga
2010
                       8.500
        2.500
2011
                       9.000
        2.500
2012
                       9.500
        2.500
2013
                    10.000
        2.500
2014
                    10.500
        2.500

Metode ini biasanya digambarkan dalam bentuk grafik, Metode ini jarang digunakan dengan alasan tidak memperhitungkan hitungan kualitatif dan berdasar pada data subyektif, tidak berdasar pada model tertentu, tidak berdasarkan metode deduktif dan induktif, tidak logis dan sistematis.
b.        Garis Trend Metode Setengah Rata-Rata (Trend Semi Average)
Metode trend semi average dapat digunakan untuk keperluan peramalan dengan membentuk suatu persamaan seperti analisis regresi. Metode ini dapat digunakan dengan jumlah data genap ataupun ganjil. Dalam analisis trend ini unsur subyektifitas mulai dihapuskan karena teknik peramalannya sudah menggunakan perhitungan-perhitungan.
Metode ini dapat digunakan untuk keperluan forecash dengan membentuk suatu persamaan seperti analisis regresi. Metode trend setengah rata-rata menentukan bahwa untuk mengetahui fungsi Y = a + bx, semua data historis dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah anggota  masing-masing sama.
Data pada metode ini biasanya terdiri dari :
·           Metode Setengah Rata-rata dengan data historis dalam jumlah genap.
·           Metode Setengah Rata-rata dengan data historis dalam jumlah ganjil
Persamaan  trend yang diperoleh dengan menggunakan metode ini, selain dapat digunakan untuk mengetahui kecenderungan  nilai suatu variabel dari waktu ke waktu, juga dapat digunakan untuk meramal nilai suatu variabel tersebut pada suatu waktu  tertentu. Persamaannya adalah sebagai berikut :
Y = a + bX
Dimana :

a = Nilai rata rata Kelompok 1

b =

n = Jumlah Data Perkelompok

x = jumlah tahun dihitung dari tahun dasar

Langkah-langkah Metode setengah Rata-Rata (Semi Average Method) :
1.      Membagi data dalam dua kelompok sama besar
2.      Menghitung rata-rata setiap kelompok
3.      Menghitung nilai “a”
4.      Menghitung Nilai “b”
5.      Menentukan Nilai “X”
6.      Nilai X untuk data genap adalah -3,-1,+1,+3,+5
dan untuk data ganjil -3,-2,-1,0, +1, +2, +3
7.      Memberi score terhadap waktu yang terkait dengan data penjualan. Dalam metode trend semi average ini, acuan adalah kepada kelompok pertama. Score 0 diberikan bagi data yang berada ditengah dari data yang ada pada kelompok pertama bila datanya ganjil. Selanjutnya terhadap data yang sebelumnya diberi score -1, -2, -3, dst. Dan terhadap data sesudahnya diberi score 1, 2, 3, dst. Untuk data yang jumlahnya genap, biasanya score tidak melibatkan nilai nol. Sebagai contoh bila datanya ada 4, score yang diberikan adalah -3, -1, 1, 3

a)        Contoh Kasus (Tahun Genap dengan Pembagian Tahun Ganjil)
PT. Maju memiliki data penjualan tahunan sebagai berikut :
Tahun 
 Penjualan (Unit)
2007
                              140
2008
                              148
2009
                              157
2010
                              157
2011
                              160
2012
                              169

Diminta  : Hitunglah  penjualan untuk tahun 2015 dan 2018 ?
Penyelesaian :
·      Mengelompokkan data menjadi 2 kelompok. Karena jumlah data genap langsung dibagi dua yang masing-masing kelompok terdiri dari 2 data (Genap).
·      Menentukan  periode dasar. Misalnya diasumsikan periode dasar menggunakan tahun tengah data tahun kelompok I, sehingga periode dasarnya adalah tahun 2008
·      Menentukan Angka Tahun. Karena periode dasar 2008 berangka tahun x = 0, maka angka tahun untuk tahun 2007 adalah -1 dan angka tahun untuk 2009, 2010, 2011, 2012 berturut-turut adalah 1, 2, 3, 4 dst.
·      Menentukan nilai Semi Total yakni Jumlah total penjualan masing-masing kelompok. Untuk kelompok I, Nilai Semi Totalnya adalah 140 + 148 + 157 = 445. Dengan cara yang sama dihitung Nilai Semi Total untuk Kelompok II.
·      Menentukan Semi average tiap Kelompok data. Semi Average untuk kelompok I adalah (semi total kelompok I dibagi jumlah data kelompok I sehingga nilainya adalah 445/3=148. Dengan cara yang sama juga dihitung Semi Average untuk Kelompok II.
Sehingga menghasilkan data sebagai berikut :
Tahun 
Penjualan
Semi Total
Semi Average
X
2007
140
              445
                     148
Kelompok1
               -1
2008
148
0
2009
157
1
2010
157
              486
                     162
Kelompok2
                2
2011
160
3
2012
169
4
 Menghitung Nilai b :
b     =
                                                            = 5 (4,6)
Maka penjualan untuk tahun 2015 dan 2018 adalah :

2015      =    Y = a + b.X
            =   148 + 5 (7)
            =   183

2018      =    Y = a + b.X
            =   148 + 5 (10)
            =   198

b)        Contoh Kasus (Tahun Genap dengan Pembagian Tahun Genap)
PT. Maju memiliki data penjualan tahunan sebagai berikut :
Tahun 
 Penjualan (Unit)
2007
                              140
2008
                              148
2009
                              157
2010
                              169
2011
                              157
2012
                              157
2013
                              160
2014
                              169

Diminta  : Hitunglah  penjualan untuk tahun 2015 dan 2018 ?
Penyelesaian :

Tahun  
 Penjualan 
Semi Total
Semi Average
X
2007
200
825
206
Kelompok 1
-3
2008
210
-1
 2009
205
1
2010
210
3
2011
225
975
244
Kelompok 2
5
2012
245
7
2013
245
9
2014
260
11

Menghitung Nilai b :
b     =
                                                            = 9 (9,4)
Maka penjualan untuk tahun 2015 dan 2018 adalah :

2015      =    Y =   a + b.X
                     =   206 + 9 (13)
                     =   323

2018      =    Y =   a + b.X
                     =   206 + 9 (19)
                     =   377

c.         Garis Trend Matematis
v  Metode Trend Moment (Metode Garis Lurus)

Metode Trend Moment merupakan metode analisis yang dapat digunakan untuk keperluan peramalan dengan membentuk persamaan : Y = a + bX, sebagaimana telah diulas pada metode Trend Semi Avarage.

Dalam penerapannya, metode ini tidak mensyaratkan jumlah data harus genap. Perbedaan dengan Metode Trend Semi Avarage terletak pada pemberian score nilai X –nya. Dalam hal ini pemberian score X dimulai dari 0,1,2,dst.

Metode Trend Moment, menggunakan persamaan yang berbeda dengan metode setengah rata-rata untuk menaksir nilai a dan nilai b dalam persamaan trend :
Y = a + bX
Dalam mencari koefisien a dan b menggunakan persamaan :
ΣY = n . a + b . ΣX
ΣXY = a . ΣX + b . ΣX2
Contoh :
Tahun
Penjualan
2006
     382.500
2007
     409.500
2008
     474.750
2009
     562.500
2010
     612.000
Diminta :
Dengan menggunakan Metode Moment buatlah forecast penjualan untuk tahun 2011 dan 2012 !
Penyelesaian :
Tahun
Penjualan
X
Xi.Yi
X2
2006
      382.500
0
                    -
0
2007
      409.050
1
      409.500
1
2008
      474.750
2
      949.500
4
2009
      562.500
3
   1.687.500
9
2010
      612.000
4
   2.448.000
16
   2.440.800
10
   5.494.050
30

Persamaan(1)   =    2.440.800      =    5a + 10b (x 2)
Persamaan(2)   =    5.494.050      =    10a+30b (x 1)
                                =    4.881.600      =    10a+20b
  =    5.494.050      =    10a+30b
                                =    -612.450        = -10b
b = 61.245

Subtitusi dan eliminasi :
b = 61.245           2.440.800         =    5a + 10b
                           2.440.800     =    5a + 10 (61.245)
                           2.440.800     =    5a + 612.450
                             5a                 =    2.440.800 - 612.450
                                                                  5a                  =    1.828.350
                            a                   =    1.828.350 / 5
                                                 =    365.670
Mencari Tingkat Penjualan Tahun 2011 & 2012 dengan formula :

                                                                         = Y      =    a +bx

Maka Y’ (2011)        = Y’     =    365.670 + 61.245.X
                                      = Y’     =    365.670 + 61.245 (5)
Penjualan 2011       =    671.895

Maka Y’ (2012)        = Y’     = 365.670 + 61.245X
                                      = Y’     = 365.670 + 61.245 (6)
Penjualan 2012       = 733.140

v  Least Square Method (Metode Kuadrat terkecil)
~        Metode untuk menghitung nilai trend pada tahun berjalan dan untuk mencari forecast pada periode yang akan datang.
~        Untuk menghitung nilai trend dan forecast terlebih dahulu menaksir nila a dan b pada persamaan Y = a + bX.
~        nilai X dihitung denganmengacu pada panduan jika :
~        Data Gasal (ganjil) maka X : ...., -3,-2,-1,0,1,2,3 , ....
~        Data Genap maka X : ...., -5,-3, -1,1,3 ,5 ....
~        persamaan untuk menaksir nilai a dan b adalah:

                                  
Contoh Perhitungan dengan Metode Least Square :
Sebuah perusahaan yang bergerak dalam penyediaan makanan bayi ingin membuat forecast penjualan makanan bayi untuk beberapa tahun mendatang di daerah Jawa Timur, dengan menggambarkan garis trend.
 Data penjualan tahun-tahun terakhir adalah sebagai berikut :
Tahun (X) 
 Penjualan (Y)
2006
                           6.750
2007
                           7.470
2008
                           7.500
2009
                           8.190
2010
                           8.280

Diminta : Hitunglah forecasting penjualan untuk tahun 2011 ?
Penyelesaian :
Tahun
Penjualan
X
X2
X.Y
2006
               6.750
-2
4
       (13.500)
2007
               7.470
-1
1
         (7.470)
2008
               7.500
0
0
                     -
2009
               8.190
1
1
            8.190
2010
               8.280
2
4
         16.560
     ∑Y = 38.190

     ∑X2 = 10
  ∑XY = 3.780

Dengan persamaan trend Y = a + bX,dimana :
a =     
b = 
Sehingga :
a =  =  = 7.638
b =   =  = 378

maka sesuai dengan Persamaan Treend :
Y   =   a + bX
     =   7.638 + 378X
Sehingga didapat nilai trend untuk tiap tahunnya adalah :
Tahun 2006                     Y   =   7.638   +   378    (-2) =   6.882
Tahun 2007                     Y   =   7.638   +   378    (-1) =   7.260
Tahun 2008                     Y   =   7.638   +   378    (0)   =   7.638
Tahun 2009                     Y   =   7.638   +   378    (1)   =   8.016
Tahun 2010                     Y   =   7.638   +   378    (2)   =   8.394
Jadi untuk tahun 2011       Y   =          7.638     +     378      (3)        =          8.772

2.       Analisis Korelasi Dan Regresi
Digunakan untuk menggali hubungan sebab akibat antara beberapa variabel. Perubahan tingkat penjualan yang akan terjadi tidak hanya ditentukan oleh pola penjualan tetapi juga ditentukan oleh faktor lain, misalnya jumlah penduduk, pendapatan, kondisi perekonomian,dsb.
Apabila terdapat pengaruh dari variabel lain atas suatu produk, maka digunakan formula regresi dan analisis korelasi. Formula regresi yang sering digunakan adalah:
Y = a = bX
Dimana:
a = konstanta
b = koefisien regresi
Besarnya a dan b dihitung dengan rumus :
b              =         

a              =           

Contoh :
Bila X menunjukkan biaya iklan (dalam juta rupiah) dan Y menunjukkan jumlah penjualan (dalam juta unit), maka ilustrasi datanya adalah sbb :

Tahun
X (Biaya Iklan)
Y (Penjualan)
2006
                     48
        1.000
2007
                     64
        1.060
2008
                     68
        1.200
2009
                     80
        1.440
2010
                     92
        1.540
Total
                  352
        6.240

Diminta Hitunglah pengaruh Forecasting Penjualan menggunakan metode regresi dan korelasi dari data diatas ?
Penyelesaian :

v  Metode Regresi

Tahun
X
Y
X.Y
X2
Y2
2006
48
1.000
48.000
2.304
1000000
2007
64
1.060
67.840
4.096
1123600
2008
68
1.200
81.600
4.624
1440000
2009
80
1.440
115.200
6.400
2073600
2010
92
1.540
141.680
8.464
2371600
Total
352
6.240
454.320
25.888
8.008.800

Persamaan regresinya :

Y = a = bX

Maka Koefisien a dan b dicari dengan persamaan :

b    =   =  =  = 13,57


a    =   =  = 292, 67

Jadi Y = 292,67 + 13,57X
Artinya: bila biaya iklan naik 1 juta rupiah, jumlah penjualan akan meningkat 13,57 juta unit sehingga total penjualan menjadi 306,24 juta unit
v  Metode Korelasi
Koefisien korelasi dicari dengan persamaan :

r =  

Maka Nilai r    =  
                 = 0,9598
Interpretasi dari koefisien korelasi secara teoritis adalah sbb:
·      Jika 0 < r < 1 berarti variabel X memiliki hubungan positif dan berbanding lurus (linier) dengan variabel Y. Bila nilai variabel X bertambah maka nilai variabel Y juga bertambah, Semakin dekat nilai r ke 0 maka semakin lemah kekuatan hubungan kedua variabel tersebut, sebaliknya semakin dekat nilai r ke 1 semakin kuat hubungan kedua variabel tersebut
·      ika r = 0 berarti variabel X tidak memiliki hubungan linier dengan Y. Artinya gejolak nilai var X tidak berpengaruh terhadap var Y
·      Jika -1< r<0 berarti variabel X berhubungan dengan variabel Y, tetapi hubungannya negatif. Jika nilai var X bertambah maka nilai var Y justru berkurang.
Dengan angka r = 0,985 berarti bahwa tingkat kelahiran sangat besar dan positif terhadap tingkat permintaan susu bayi. Jika tingkat kelahiran meningkat maka permintaan akan susu bayi meningkat, sebaliknya jika tingkat kelahiran menurun maka permintaan terhadap susu bayi menurun pula.
3.         Specific Purpose Method  Forecast (Peramalan Metode Khusus)

v  Analisis industri
Analisa industri salah satu cara untuk membuat forecast dengan metode khusus. Dalam metode ini dicoba untuk dihubungkan potensi penjualan perusahaan dengan industri pada umumnya dalam arti Volume dan  Posisi dalam persaingan. Dalam analisa industri ditonjolkan tentang market share yang dimiliki oleh perusahaan. Market share semakin lama semakin membesar maka posisi perusahaan tersebut semakin kuat dalam persaingan, begitu juga sebaliknya.
Analisa industri dibagi menjadi beberapa tahap dalam penggunaannya, yakni:
·      Membuat proyeksi demand (permintaan) industri untuk mengetahui prospek perkembangan penjualan industri pada tahun-tahun mendatang.
·      Menilai posisi perusahaan dalam hubungannya dengan industri pada umumnya. Posisi ini dinilai berdasarkan besarnya market share yang dimiliki oleh perusahaan dari tahun ke tahun
·      Proyeksi posisi perusahaan pada masa mendatang, atau penghitung expected market share
                                              Market share =  X 100%
v  Analisis product line
Ada umumnya analisis product line digunakan pada perusahaan-perusahaan yang menghasilkan lebih dari satu macam produk. Masing-masing produk tersebut tidak dapat diambil kesamaannya dan harus dibuat forecast secara terpisah. Pelaksanaanya pada dasarnya sama dengan metode statistik dengan metode analisis trend.
v  Analisis penggunaan akhir
Analisa ini digunakan pada perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang yang tidak langsung dapat dikonsumsi (setengah jadi), melainkan masih memerlukan proses lebih lanjut untuk menjadi produk akhir. Permintaan akan produk ini dipengaruhi secara langsung oleh produk akhir yang berasal dari produk atau produk akhir yang menggunakannya.


Tugas
( Dikumpul Minggu Depan)

PT. Terang Abadi adalah perusahaan yang bergerak dibidang bola lampu. Perusahaan ini memproduksi dan sekaligus memasarkan 2 (dua) jenis produk yang masing-masing produk itu adalah Peru 1 (PI) dan Peru 2 (P2). Data penjualan perusahaan tersebut pada waktu-waktu yang lalu adalah sebagaimana digambarkan dalam tabel berikut ini.
PT.Cahaya Cemerlang Abadi
Data Penjualan Tahun 2003-2010
(dalam unit)
Tahun  
 Penjualan 
2003
                        10.000
2004
                        10.100
2005
                        10.200
2006
                        10.300
2007
                        10.400
2008
                        10.400
2009
                        10.450
2010
                        10.200

Diminta :
Berdasarkan data-data di atas tentukan ramalan penjualan untuk tahun 2011, 2012 dan 2013 dengan menggunakan metode :
a.         Trend Least Square
b.        Trend Setengah rata-rata
c.         Trend Moment

Senin, 10 Februari 2014

TUGAS SIM Bab I sampai bab IX

Situs ini adalah salah satu tugas yang diberikan kepada kami. Situs ini berisikan pertanyaan - pertanyaan yang kami buat berdasarkan Bab I sampai bab IX pada modul kami, dan tentu saja disertai jawabannya.
TUGAS SIM


BAB I


1. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam
mengelola sumber daya fisik.
Jawab : - Sumber daya diperoleh dan disusun
- Memaksimalkan penggunaan sumber daya
- Mengganti sumber daya pada saat
kritis sebelum sumber daya menjadi
tidak efisien.

2. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam
mengelola informasi.
Jawab : - Memastikan bahwa data mentah yang
diperlukan terkumpul untuk diproses
menjadi informasi yang berguna
- Memastikan bahwa orang yang layak
dalam organisasi menerima informasi
tersebut dalam bentuk yang tepat
dan pada saat yang tepat
- Akhirnya, membuang informasi yang
tidak berguna lagi dan menggantinya
dengan informasi yang mutakhir dan
akurat.

3. Apa saja 3 golongan pemakai komputer.
Jawab : - Manajer
- Non manajer
- Orang-orang dan organisasi-
organisasi dalam lingkungan
perusahaan.

4. Apa saja 3 tingkat manajemen.
Jawab : 1) Tingkat perencanaan strategis :
direktur dan para wakil direktur
(merencanakan)
2) Tingkat pengendalian manajemen :
manajer tingkat menengah
mencakup manajer wilayah, direktur
produk dan kepala divisi
(mengubah rencana menjadi tindakan
dan memastikan tujuan tercapai)
3) Tingkat pengendalian operasional :
kepala departemen, supervisor,
pemimpin proyek (menyelesaikan
rencana-rencana).

5. Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi manajemen.
Jawab : - Area bisnis : tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut Pekerjaan yang dilakukan.
- Fungsi manajemen : semua manajer apapun tingkatan / area bisnisnya melakukan fungsi-fungsi manajemen.

6. Apa saja 3 kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan.
Jawab : - Aktivitas antar pribadi
- Informasi
- Keputusan.

7. Buku ini menyebutkan 2 keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer. Apakah itu.
Jawab : 1) Keahlian komunikasi
2) Keahlian pemecahan masalah.

8. Jelaskan perbedaan antara pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
Jawab : - Pemecahan masalah : semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu masalah
- Pengambilan keputusan : tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan.

9. Daftarkan elemen-elemen yang terdapat dalam suatu sistem lingkaran tertutup
Jawab : - tujuan
- mekanisme pengendalian
- umpan balik.

10. Apa saja 5 subsistem CBIS ?
Jawab : 1) sistem informasi akuntansi
2) sistem informasi manajemen
3) sistem pendukung keputusan
4) kantor maya
5) sistem pakar.


BAB II

1. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya.
Jawab : Sumber daya

2. Apa sajakah 8 elemen lingkungan.
Jawab : 1) Pemasok
2) Pelanggan
3) Serikat buruh
4) Masyarakat keuangan
5) Pemegang saham / pemilik
6) Pesaing
7) Pemerintah
8) Masyarakat global.

3. Apakah marjin itu, dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif.
Jawab : Nilai produksi dan jasa perusahaan dikurang biaya-biayanya.
: Hubungannya dengan keunggulan kompetitif

4. Apa saja aktivitas nilai utama Porter? Apa saja aktivitas nilai pendukungnya?
Jawab : - Aktivitas nilai utamanya : manufaktur dan penjualan.
- Aktivitas nilai pendukungnya :

5. Apakah rantai nilai itu.
Jawab : Pengintegrasian aktivitas nilai utama dan pendukung oleh beberapa kaitan.

6. Apakah sistem nilai itu.
Jawab : Jaringan penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan Kompetitif.

7. Daftarkan 7 jenis sumber daya informasi.
Jawab : - Perangkat keras komputer
- Perangkat lunak komputer
- Spesialis informasi
- Pemakai
- Fasilitas
- Database
- Informasi

8. Apakah manfaat utama EUC ?
Jawab : - menyeimbangkan kemampuan dan tantangan
- mengurangi kesenjangan komunikasi.

9. Apakah resiko-resiko EUC ?
Jawab : - sistem yang buruk sasarannya
- sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
- penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
- hilangnya integritas data
- hilangnya keamanan
- hilangnya pengendalian.

10. Apa sajakah 4 kelompok pemakai akhir ?
Jawab : 1) pemakai akhir tingkat menu
2) pemakai akhir tingkat perintah
3) pemakai akhir tingkat program
4) personil pendukung fungsional.

BAB III

1. Apakah istilah intelijen kompetitif dan intelijen bisnis memiliki arti yang sama?Jelaskan.
Jawab : Tidak karna intelijen kompetitif mengumpulkan informasi hanya tentang pesaing perusahaan sedangkan intelijen bisnis mencakup informasi disemua elemen lingkungan.

2. Bedakan antara data primer dan data sekunder.
Jawab : - Data primer : data yang dikumpulkan oleh perusahaan
- Data sekunder : data yang dikumpulkan oleh orang lain namun disediakan untuk perusahaan.

3. Apa yang membedakan pemakai EDI tingkat 3 dengan pemakai tingkat 1 dan tingkat 2 ?
Jawab : pemakai EDI tingkat 3 tidak hanya menstransmisikan set transaksi tapi juga aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

4. Apa nama yang digunakan untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam IOS?
Jawab : mitra dagang / mitra bisnis.

5. Apa nama yang digunakan untuk perusahaan yang memotivasi?
Jawab : sponsor IOS.


6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah pengisian kembali oleh penjual ?
Jawab : Penjual / pemasok dapat memulai proses pengisian kembali dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan.

7. Apa yang disediakan oleh penjual VAN ?
Jawab : sirkuit dan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit tersebut bagi EDI.

8. Apakah internet sama dengan world wide web ?
Jawab : Beda, karena internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan komputer. Sedangkan WWW adalah kumpulan komputer yang bertindak sebagai server internet yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan orang melihat teks, grafik dan audio maupun memungkinkan kaitan ke dokumen-dokumen lain di web.

8. Apakah browser ?
Jawab : suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan kita mengambil hypermedia dengan mengetik parameter pencarian / mengklik suatu grafik.

9. Apa yang perlu anda ketahui agar dapat menggunakan FTP untuk mengambil suatu file dari internet ?
Jawab : URL dari situs web tersebut.

10. Jenis pemasaran apa yang paling baik untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari internet ?
Jawab : web.


BAB IV

1. Kemampuan apa saja yang membedakan suatu MNC (Multinational Corporation).
Jawab : - Fleksibilitas dalam memberi respon terhadap pesaing diberbagai negara dan pasar
- Kemampuan memberikan respon disuatu negara / wilayah dari suatu negara terhadap perubahan dinegara / wilayah lain
- Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar diseluruh dunia
- Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit diberbagai negara
- Pengurangan keseluruhan biaya operasi
- Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan
- Kemampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara produksi dan distribusinya.

2. Apa sumber ketidakpastian bagi MNC.
Jawab : Pengaruh-pengaruh lingkungan.

3. Bagaimana para eksekutif MNC memberi respon pada ketidakpastian.
Jawab : Menggunakan secara baik teknologi informasi.

6. Strategi bisnis global yang mana yang paling menarik bagi eksekutif yang menyukai pengendalian terpusat?
Jawab : Strategi global
Dan yang mana yang paling tidak menarik?
Jawab : Strategi multinasional.

7. Strategi bisnis global yang mana yang membutuhkan suatu tim pengembangan multinasional
Jawab : Strategi multinasional.

8. Apakah hubungan, jika ada antara penggerak bisnis global dan rencana strategis sumber daya informasi MNC.
Jawab : Penggerak bisnis global memberi kontribusi dan sebagai dasar bagi rencana strategi sumber daya informasi.

9. Bagaimana pemerintah nasional dari anak-anak perusahaan menciptakan masalah teknologi bagi MNC ?
Jawab : tidak tersedianya sumber energi yang cukup, sirkuit telekomunikasi hanya dapat mengirim data dengan kecepatan rendah, dengan kualitas transmisi yang buruk, masalah perangkat lunak.

10. Mana yang lebih penting dalam mencapai standardisasi diseluruh MNC ?
Jawab : data dan proses.


BAB V

1. Dalam hal moral, etika dan hukum, yang mana yang Anda piker paling seragam dari satu negara ke negara lain?
Jawab : moral
Yang mana yang paling kurang seragam ?
Jawab : etika.

2. Pembatasan hukum apa yang telah diterapkan bagi penggunaan komputer oleh pemerintah ?
jawab : 1) memberikan hak bagi warga negara dan berbagai organisasi untuk memasuki data yang disimpan pemerintah federal dengan beberapa pengecualian
2) pembatasan pemerintah federal dalam memeriksa catatan-catatan bank
3) pembatasan pemerintah federal dalam mencocokkan file-file komputer untuk menguji keabsahan program-program pemerintah / mengidentifikasi penghutang
4) UU pidana federal dan negara bagian dalam mencegah dan menuntut kejahatan komputer
5) UU tentang upaya mendapatkan akses tanpa otorisasi ke komputer yang dilindungi; dll.

3. Bagaimana manajemen puncak menciptakan budaya etika
jawab : menggunakan metode 3 lapis; yaitu dalam bentuk corporate credo program-program etika dan kode etik khusus perusahaan.

4. Komitmen security pacific yang mana saja yang bersifat internal ?
jawab : komitmen kepada karyawan, komitmen dari karyawan ke security pacific, komitmen dari karyawan kepada karyawan
Yang mana yang eksternal ?
Jawab : komitmen kepada pelanggan, komitmen kepada masyarakat.

5. Apakah 2 kegiatan utama etika komputer, seperti dinyatakan oleh James Moor
jawab : 1) analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer
2) formulasi dan justifikasi kebutuhan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis.

6. Siapa yang bertanggung jawab atas etika komputer dalam perusahaan?
Jawab : manajer CIO dan para manajer puncak lain.

7. Definisikan kelenturan logika.
Jawab : kemampuan memprogram komputer untuk melakukan apapun Yang kita inginkan.

8. Definisikan factor transformasi.
Jawab : fakta bahwa komputer dapat mengubah secara drastic cara kita Melakukan sesuatu.

9. Apakah 3 bentuk dari factor tak berwujud ?
Jawab : kelenturan logika, transformasi, tak kasat mata.

10. Apa 5 faktor yang mempengaruhi perilaku seorang CIO ?
Jawab : 1) hukum
2) etika
3) kode etik professional
4) tekanan sosial
5) tekanan pribadi.


BAB VI

1. Sebutkan 4 jenis dasar model.
Jawab : 1) fisik : penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi
2) naratif : menggambarkan entitasnya secara lisan / tulisan
3) grafik : menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, simbol / bentuk
4) matematika : segala formula matematika.

2. Apa sajakah 4 arus sumber daya fisik.
Jawab : 1) material : diterima dari pemasok bahan mentah dan komponen rakitan
2) personil : berasal dari lingkungan
3) mesin : diperoleh dari pemasok
4) uang : diperoleh dari pemilik yang menyediakan modal investasi.

3. Sebutkan 4 dimensi informasi yang harus dipertimbangkan manajer.
Jawab : 1) relevansi : informasi memiliki relevansi jika berkaitan langsung Dengan masalah yang ada
2) akurasi : idealnya semua informasi harus akurat, tapi peningkatan ketelitian sistem menambah biaya
3) ketepatan waktu : informasi harus tersedia untuk pemecahan masalah sebelum situasi krisis menjadi tidak terkendali
4) kelengkapan : manajer harus mampu memperoleh informasi yang menyajikan gambaran lengkap dari suatu permasalahan / penyelesaian.

4. Apa perbedaan antara sistem lingkaran terbuka dan sistem lingkaran tertutup
Jawab : - sistem lingkaran terbuka : suatu sistem tanpa lingkaran umpan balik / mekanisme pengendalian
- sistem lingkaran tertutup : suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian.

5. Mengapa standar disediakan bagi pengolah informasi ?
Jawab : karena manajer menggunakan standar untuk mengendalikan sistem fisik dengan membandingkan kinerja actual berdasarkan laporan pengolah informasi.

6. Elemen model sistem umum apa yang akan memberikan keadaan yang diharapkan ?
Jawab : standar.

7. Elemen model sistem umum apa yang akan memberikan keadaan yang menggambarkan keadaan saat ini ?
Jawab : informasi.

8. Siapa / apa yang memecahkan masalah terstruktur ?
Jawab : komputer.
Siapa / apa yang akan memecahkan masalah tidak terstruktur
Jawab : manajer.

9. Apakah 3 tahap usaha dalam menerapkan pendekatan sistem
Jawab : 1) usaha persiapan
2) usaha definisi
3) usaha solusi.

10. Siapa yang berada dalam posisi terbaik untuk mengenali pemicu masalah ?
Jawab : manajer / seseorang dalam unit manajer.


BAB VII

1. Apakah perbedaan antara SLC dan SDLC?
Jawab : - SLC : penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem / subsistem informasi berbasis komputer
- SDLC : tahap-tahap yang terdiri dari perencanaan. Analisis, rancangan dan penerapan.

2. Fungsi apa yang dilaksanakan komite pengarah SIM?
Jawab : 1) menetapkan kebijakan
2) menjadi pengendali keuangan
3) menyelesaikan pertenyangan.

3. Mengapa manajer membuat rencana?
Jawab : karena perencanaan akan menghasilkan keuntungan-keuntungan Sbb :
- menentukan lingkup dari proyek
- mengenali berbagai area permasalahan potensial
- mengatur urutan tugas
- memberikan dasar untuk pengendalian.

4. Siapa yang biasanya mengenali masalah ?
jawab : manajer.

5. Dari mana asal kendala-kendala sistem ?
jawab : 1) lingkungan
2) manajemen perusahaan.

6. Apakah perbedaan antara studi kelayakan dan penelitian sistem ?
jawab : - studi kelayakan : suatu tinjauan sekilas pada factor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan
- penelitian sistem : memberi dasar yang terinci untuk rancangan sistem baru mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana sistem itu melaksanakannya.

7. Apa 6 dimensi kelayakan?
Jawab : 1) teknis
2) pengembangan ekonomis
3) pengembangan non ekonomis
4) hukum dan etika
5) operasional
6) jadwal.

8. Tahap SLC yang mana yang menyertakan pengumuman kepada karyawan?
Jawab : tahap penerapan
Tujuannya : menginformasikan pegawai mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru dan meminta kerja sama pegawai.

9. Sebutkan 4 jenis cutover ?
Jawab : 1) percontohan (pilot)
2) serentak (immediate)
3) bertahap (phased)
4) pararel (parallel).

10. Siapa yang melaksanakan penelaahan setelah penerapan ?
Jawab : seseorang dari jasa informasi / seorang auditor internal.


BAB VIII

1. Kapan komputer pertama digunakan oleh pemerintah untuk perhitungan sensus ?
Jawab : awal tahun 1960-an.

2. Sebutkan beberapa produsen microprocessor.
Jawab : American Micro Devices (AMD), Cyrix, dll.

3. Bagaimana megahertz mengukur kecepatan suatu prosesor ?
Jawab : dengan jumlah siklus yang terjadi per detik.

4. Urutkan dari terkecil hingga terbesar media penyimpanan berikut ini berdasarkan kemampuannya menyimpan data : CD, DVD, floppy disk, Jaz dan Zip.
Jawab : 1) floppy disk 4) Jaz disk
2) Zip disk 5) DVD.
3) CD

5. Kapan CD mulai &#8220;dapat ditulisi&#8221; oleh para pemakai komputer mikro ?
Jawab : 1997.

6. Aplikasi apa yang mampu dimuat oleh DVD yang berkapasitas penyimpanan besar ?
Jawab : 20 GB.

7. Ada beberapa alasan untuk memasukkan data secara elektronik (melalui komputer) daripada memasukkan data secara manual ?
Jawab : - data yang dimasukkan secara elektronik lebih cepat
- akurasi proses pemasukan data
- biaya yang lebih murah.

8. Perangkat lunak komputer jenis apa yang paling sering dijadikan contoh perangkat lunak generasi ke-4 ?
Jawab : 4GL.

9. Mengapa perangkat lunak pesanan lebih mahal daripada perangkat lunak aplikasi jadi ?
Jawab : karena jika perusahaan ingin menggunakan perangkat lunak pesanan maka perusahaan tersebut harus menugaskan programmer sendiri / suatu kelompok konsultan programmer, sementara gaji dari programmer menurut hukum moore terus meningkat.


BAB IX

1. Apakah yang dimaksud dengan database ?
Jawab : kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi dan sistem manajemen .

2. Dengan menggunakan tabel 9.6 dan 9.7 sebagai acuan, siapa saja mahasiswa yang memiliki buku yang ditulis oleh Brutus ?
Jawab : Wei dan Martin.

3. Apakah independensi data ?
Jawab : kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data.

4. Apakah inkonsistensi data ?
Jawab : kondisi dimana nilai-nilai tidak cocok.

5. Apakah pengulangan data ?
Jawab : duplikasi data, artinya data yang sama disimpan dalam beberapa file.

6. Mengapa structured query language penting ?
Jawab : karena manfaatnya bagi organisasi sangat besar. Para penjual dan pelanggan, mitra bisnis, anak perusahaan, dan induk organisasi semuanya dapat berbagi struktur data yang sama dengan menggunakan interface standar tanpa perlu memiliki perangkat keras komputer yang sama / penjual perangkat lunak yang sama.

7. Apakah perbedaan antara pendekatan berorientasi proses untuk menilai kebutuhan data dan pendekatan model perusahaan ?
Jawab : - langkah-langkah dalam pendekatan berorientasi proses :
1) tentukan masalah
2) kenali keputusan yang diperlukan
3) deskripsikan kebutuhan informasi
4) tentukan pemrosesan yang diperlukan
5) tentukan kebutuhan data.
- langkah-langkah dalam pendekatan model perusahaan :
1) buat model data perusahaan
2) kembangkan database.

8. Apa saja tugas utama yang dilaksanakan oleh pengelola database ?
Jawab : - perencanaan database
- penerapan database

- operasi database
- keamanan database.

9. Apakah manfaat sistem manajemen database ?
Jawab : - mengurangi pengulangan data
- mencapai independensi data
- mengintegrasikan data dari beberapa file
- mengambil data dan informasi secara cepat
- meningkatkan keamanan.

10. Apa yang dimaksud pembersihan data ?
Jawab : pembuangan data yang tidak tepat dan tidak konsisten yang dapat mengubah data itu kekondisi kualitas yang lebih tinggi daripada yang umumnya terdapat dalam database komersial.

Selasa, 03 Desember 2013

"Ayah....Bolehkah sejenak Ku pinjam waktumu di surga sana...???"


"AKU MASIH INGIN KITA......."

.....Desember 2013,,,,tak terasa tahun kan berganti lagi,,silih berganti.Berbeda dengan perasaan ini yang semuanya terasa masih sama,,,masih sama separti tahun-tahun dimana kw dan aku yang dulu menjadi kita....

Yach,,ini bodoh,,,!!! aku pun sadari itu,namun inilah kenyataan yang terlalu pahit aku simpan sendiri,,,terlalu pahit aku rasakan sendiri tanpamu,,,tanpa kau tau,tanpa kau perduli dengan apa yang bertahun-tahun aku masih rasakan,,perasaan saynk yang masih sangat nyata untukmu meski hadir sosok yng mungkin jauhh lebih baik darimu namun tak mampu menggantikan dirimu dalam benak dan fikiranku,,,!

Kadang dalam diam tangisku tumpah,hanya karena tau kau mungkin bahagia bersama yang dengan lain...hinggaa engkau mampu bertahan dengannya....aku cemburu,aku sakit....."Apa karena memank aku tak pernah pantas untuk kau pertahankan..??" ahh fikiran bodoh ini lagi-lagi menguasaiku,,membuatku makin tak sanggup membendung air mata ini.......

Inilah hal yang paling nyakitin,hal yang paling menyesakkan di dada....perasaan rindu yang hanya aku yang merasainya,,hanya aku yang punyai...!!!
kapan akan tiba hari dimana WAKTU membawamu kembali padaku..?? kapan akan ada saat itu,,,?? saat dimana kau genggap erat jemariku lagi,,seperti tak ingin melepasku,,walau saat itu mungkin hanya aku yang terlalu berlebihan dengan perasaan yang aku punyai...."TERLALU KASIAN DIRIKU INI" yaa,,,terlaluu bodoh malah,,karena masih sangaattt ingin terus mengulang kisah yang harusnya telah aku kubur dalam-dalam,,seperti kau yang telah menghapusku dalam memory ingatanmu.


,,,aku masih ingin kita....!!!!

Selasa, 05 November 2013

Dia Lagii....

"Apa kau masih mencintainya,?" Tanya Nhuri.
"Dulu aku memang mencintanya,sekarang pun masih....tapi semua sudah berbeda" ucapku pada sahabatku Nuri.Perbincangan singkat antara aku dan sahabatku Nhuri suatu ketika melihatku menatap kearah suatu gedung tempat dimana seseorang yang dulu pernah jadi bagian hidupku bekerja.Pertanyaan yang sering aku dengar dari salah satu sahabat terbaikku dikampus,yang tak pernah bosan mendengar kisah cintaku yang telah jadi masa laluku.seseorang yang aku panggil "Naz".
Ya disini,dijalan ini sering sengaja aku lewati hanya untuk sekedar memandang ke arah gedung yang berdiri itu...berharap aku temukan sosoknya ada disana dan bisa melihatku,Meski itu harapan kosong yang makin membuatku nampak sangat bodoh.Itu yang sering aku lakukan jika rindu ini betul-betul tak mampu aku tahan,tak mampu aku bendung.Meski yang aku dapatkan bukan sosok yang aku cari cukup membuatku lega jika bisa melewati sepintas gedung itu.

Naz,orang yang pernah membuatku merasakan kebahagian walau singkat namun membuatku tak mampu melupakan semua tentangnya.Kasih sayang dan bagaimana caranya mencintaiku membuatku Teramaaaat sayang padanya....benar kata seseorang kalau aku tipe orang yang lebih lama MOVE ON nya ketimbang pacarannya,,,hahahaa mungkin benar.
 

CINTAKU, ANTARA DIA DAN DIA


“Dilema mungkin adalah kata terbaik untuk perasaanku saat ini. Perasaan yang menjerumuskanku pada posisi bimbang. Tak tahu apa yang harus kulakukan. Aku terjebak dengan perasaanku sendiri,“ renungku..
Berawal ketika pacarku (sebut saja ia Iman) berangkat berlayar demi tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelayaran. Saat itu usia hubunganku dengannya sudah setahun lebih lamanya. Sangat kusayangkan bila jauh darinya, dan kutak rela ia meninggalkanku seorang diri. Aku (namaku Lia) sangat mencintainya. Aku sepi tanpanya. Namun, mau tak mau harus kurelakan semuanya, karena ini demi pencapaian cita-cita kami kelak di masa depan. Bahagia di ujung cinta. Ya! Bahagia adalah mimpi kami kelak. “Sayang, jangan menangis. Aku pasti kembali untukmu. Semua ini demi cita-cita kita berdua. Percaya padaku, sayang. Aku pun percaya padamu. Jaga hatimu untukku dan kujaga hatiku untukmu. Rinduku selalu untukmu. Aku mencintaimu,” pesan terakhir dari Iman sebelum berangkat. Sedih rasanya. Aku hanya tersedu diam menitikan air mata. “Aku akan jaga semuanya, sayang. Percayalah padaku. Aku juga mencintaimu,” teriakku menatap kapal yang telah terpisah dari dermaga. Semakin jauh dan kuhanya bisa melambaikan tangan. Hanya itu. Dan air mata hanya jadi saksi pada janjiku dan juga pada janjinya..
Hari makin berlalu begitu cepat. Rindu masih terjaga pada relungku. Komunikasipun terlalu sulit. Ditengah laut sinyal terlalu mahal untuk ditemukan. Yah. Hanya bayangnya saja yang bisa menemaniku tiap malam yang kulalui. Seterusnya, hingga rasa bosan menghampiriku dan menjelma sebagai bisikan-bisikan, menghasut-hasutku. Tapi kumasih bisa menjaga pesan-pesan darinya. Aku masih memegang teguh janjiku padanya. Cintaku hanya untuknya, dan akan kujaga itu sampai kapanpun.
.

Tanpa tersadari, waktu menghayutkanku pada penantian. Hanya para sahabatku yang jadi peluluh rindu saat ini, menemaniku tiap kubutuh hiburan dalam sepi. Hingga saat-saat yang paling aku takutkan menghampiri. Ya! Tak disengaja aku dikenalkan seorang pria yang juga berteman dengan sahabatku. “Perkenalkan nama saya Cristian, tapi biasa disapa Tian,” pria itu memperkenalkan dirinya, lalu aku pun sebaliknya. Awalnya biasa-biasa saja, tak ada sedikitpun niat untuk lebih dengannya, hanya sebagai perkenalan yang singkat. Tapi, dari waktu ke waktu kedekatan menjadi momok menakutkan bagiku. Kumasih bertahan dengan janji-janjiku pada Iman yang jauh disana. Pria yang kusayangi.
Dan perlahan kedekatan dengan Tian menjelma menjadi benih dalam hatiku lalu menghasilkan sesuatu yang mustahil. Yaitu, cinta. Aku tiba-tiba menaruh hati pada sosoknya yang selalu bisa hadir saat kumembutuhkannya. Sepertinya aku jatuh cinta pada pria yang baru kukenal ini (Tian). Dengannya semua nampak berbeda. Ia seperti jin yang keluar dari lampu ajaib, dapat mengabulkan semua permintaanku. Termasuk permintaanku kala sepi, ia hadir dan mengabulkan semuanya. Hingga membuatku amnesia dengan apa yang di amanahkan seseorang kepadaku. Hati ini tak kuat aku tahan dalam keadaan seperti ini. Hatiku kini dalam keadaan lemah mudah berubah. Mungkin begitupun hati setiap insan lainnya.
Dengan waktu terus berlaju dan kebersamaanku dengan Tian makin erat. Dan puncak kebimbanganku pun muncul begitu cepat. Dengan tanpa ragu ia mengutarakan isi hatinya kepadaku. Tak tahu apa yang harus kulakukan. Dilema menghantuiku. Sebab, aku masih mencintai Iman yang jauh disana dengan tugasnya. Namun disisi lain, Tian yang baru hadir dalam hidupku ini telah menghadirkan sesuatu yang baru, dan membuatku jatuh cinta seperti ia mencintaiku. Seakan ia adalah jawaban sepiku. Meski rasa yang kurasa ini tak tahu perasaan apa, tapi yang kutahu aku telah mencintainya. Dan tanpa ragupun aku menerima cinta Tian. Aku tak bisa membohongi perasaanku. Aku pun hanya manusia biasa, butuh seseorang yang selalu ada didekatku saat sepiku. Lalu waktu berlalu semakin berlalu jauh.
Mungkin inilah yang dinamakan perselingkuhan. Tapi aku rasa yang aku jalani semua ini masih dalam tahap legal, sebab belum ada ikatan labih antara aku dengan Iman, hanya status pacaran. Meski aku dan dia saling mencintai namun tak harus menghalangiku untuk mencintai seorang pria lagi. Ya! Tetap aku adalah seorang penghianat, aku sadari itu. Sungguh ini mungkin adalah perbuatan yang sangat buruk untuk semua orang. Jika mungkin posisiku pada orang yang di khianati, pastinya aku akan kontra dengan apa yang aku lakukan. Inilah kehidupan, selalu ada pro dan kontranya..

Tak terasa hubungan yang kujalani secara diam-diam dengan Tian sudah mencapai dua tahun lamanya. Meski kujuga masih menjalani hubungan dengan Iman yang jauh disana. Iman tak tahu apa-apa dengan semua ini. Meski komunikasi kami pun sudah lancar. Ia tetap tak tahu. Begitu juga dengan yang kujalani saat ini dengan Tian. Bisa dikatakan mereka berdua tak pernah mengetahuinya.
Sungguh melelahkan memang, menutupi kebohongan dengan kebohongan lainnya. Tapi aku masih merasa santai tanpa merasa was-was atau khawatir. Kuterlalu santai dengan semua ini..
Suatu ketika tanpa terbayangkan olehku, Iman yang jauh disana memberiku kabar yang bahagia sekaligus duka bagiku. Betapa tidak? Dia ingin kembali dari pelayarannya dan berniat meminangku. Dan dilemaku saat ini dalam status darurat. Mana mungkin aku menghadirkan mimpi buruk baginya yang sudah bersusah payah mencari jalan untuk mencapai cita-cita kami dulu. Aku tak ingin menghancurkannya. Namun disisi lain aku pun tak ingin menghancurkan perasaan Tian yang selalu ada untukku saat ini. Terlanjur kumenyayangi keduanya tapi mustahil jika dua cincin saling berdesakan dalam satu jariku. Aku mulai takut dan panik. Menghantuiku siang dan malam. Selalu memikirkan keduanya. Aku harus memilih salah satu diantara mereka berdua. Dua-duanya adalah yang terbaik bagiku. Bingung memilih siapa karena bagiku mereka berdua layak dalam hidupku. Tapi tapi tapi dan tapi, kutak bisa memilih dua-duanya, aku harus memilih salah satu dari keduanya atau tidak memilih sama sekali..
Dengan pemikiran bodohku, aku memutuskan tak memilih keduanya. Biarlah kujadi manusia munafik. Jika aku tetap harus memilih mungkin aku hanya jadi pendusta yang hebat. Sejak lama aku membohongi keduanya. Dan kini saatnya jujur lalu memilih meninggalkan mereka berdua. Aku memilih jalanku dan memilih tobatku dalam penyesalan. Takut semua ini menjadi cerminan kelak dalam kebaikanku. Tetap memilih pada pendirianku. Kuharus memilih untuk pergi meninggalkan mereka berdua. Ya, itu adalah jalan terbaik bagiku dan bagi mereka berdua. Cuma itu. Tapi cintaku utuh meski kuharus berlari dari kenyataan. Cintaku antara dia dan dia, mungkin harus kuakhiri demi cinta untuk cinta. Kuharus berlalu..

"Arif Al Khayal"